Jumat, 06 November 2020

Silabus Pembelajaran PAI kelas 3 Semester 1

SILABUS PEMBELAJARAN

Pengertian Silabus 

Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar (Kunandar, 2011: 244). 

Silabus merupakan rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran atau tema tertentu yang mencakup Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, pencapaian kompetensi untuk penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar (Trianto, 2010:96). 

Dari kurtipan di atas, dapat disimpulkan bahwa Silabus adalah suatu rencana pembelajaran yang dibuat berdasarkan kondisi suatu mata pelajaran yang disusun dengan komponen-komponen tertentu untuk menciptakan tercapainya suatu kompetensi dan tujuan dari pembelajaran tersebut.. 

Manfaat Silabus 


1. Sebagai pedoman pengembangan perangkat pembelajaran lebih lanjut, mulai dari perencanaan, pengelolaan kegiatan pembelajaran dan pengembangan penilaian. 

2. Sebagai pedoman dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut, seperti pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran dan pengembangan sistem penilaian. Silabus merupakan sumber pokok dalam penyusunan rencana pembelajaran, rencana pembelajaran untuk satu Standar Kompetensi maupun satu Kompetensi Dasar. 

3. Sebagai pedoman untuk merencanakan pengelolaan kegiatan pembelajaran, misalnya kegiatan belajar secara klasikal, kelompok kecil, atau pembelajaran secara individual. Demikian pula, silabus sangat bermanfaat untuk mengembangkan sistem penilaian. 

Isi Silabus 

1. Identitas mata pelajaran 
2. Identitas sekolah meliputi nama satuan pendidikan dan kelas; 
3. kompetensi inti, 
4. kompetensi dasar 
5. tema (khusus SD/MI/SDLB/Paket A/dll); 
6. Materi pokok, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis     dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi; 
7. pembelajaran,yaitu kegiatan yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik untuk         mencapai kompetensi yang diharapkan; 
8. penilaian, merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk     menentukan pencapaian hasil belajar 
9. alokasi waktu 
10. sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar atau sumber belajar lain yang relevan. 

Dalam kurikulum suatu pembelajaran terdapat silabus sebagai bahan acuan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Silakan download silabus PAI kelas 3 semester 1 format 6 kolom berikut ini :
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar